Marcadores

Recent Posts

Recent Posts

Marcadores

Postagens populares

Postagens populares

Selasa, 28 Juni 2011

# Bahasa Komputer #


Bahasa Komputer

      Bahasa komputer merupakan hal penting untuk berkomunikasi antara manusia dan mesin tentang apa yang dibutuhkan, diinginkan. Setiap bahasa mempunyai grammer, syntak, yang harus diikuti agar komputer dapat memahami terhadap bahasa yang digunakan. Terdapat dua level bahasa pemrograman : Bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah.

A. Bahasa Tingkat Tinggi

      Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa di atas bahasa mesin. Bahasa tingkat tinggi menggunakan kata - kata dalam bahasa inggris untuk memberikan perintah pada komputer.
      Programmer bahasa tingkat tinggi tidak perlu tahu apa - apa tentang bagaimana komputer itu menyelesaikan pekerjaannya.

      Program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi berjalan lebih lambat pada komputer karena bahasa ini perlu dterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Contohnya : Pascal, Cobol, Fortran, BASIC, C, Cpp, Perl, and Java.

B. Bahasa Tingkat Rendah

      Posisi bahasa tingkat rendah persis di atas bahasa mesin. Dengan demikian, mereka tidak mengalami penterjemahan sebanyak bahasa tingkat tinggi. Namun relatif lebih sulit dipahami karena mereka bergantung pada pemahaman yang lebih pada pekerjaan internal mesin.

      Bahasa Assembly adalah bahasa tingkat rendah. Untuk seorang pemrogram BASIC, C mungkin dianggap sebagai bahasa tingkat rendah, karena memungkinkan programmer untuk memiliki kontrol lebih pada tingkat yang lebih rendah daripada programmer BASIC.

      Translator memecah tingkat tinggi dan kode bahasa tingkat rendah ke  dalam bahasa mesin yang dimengerti oleh prosesor tertentu dalam CPU.

0 komentar:

Posting Komentar