Marcadores

Recent Posts

Recent Posts

Marcadores

Postagens populares

Postagens populares

Selasa, 19 April 2011

# Functions #


      Functions atau adalah cara untuk mengorganisir program ke dalam beberapa bagian blok yang memiliki tugas sendiri-sendiri. 
      Function dalam matematika merupakan seperangkat aturan untuk memanipulasi variabel. Pada beberapa kasus, ketika menggunakan function, dapat digambarkan, angka dikirimkan ke function dan hasilnya juga dikirimkan dari function. Pada program komputer, function adalah suatu block kode yang memiliki tugas tertentu
 
Contoh 1 : 
      Sebuah kalkulator memiliki beberapa fungsi yang berbeda. Pada program tersebut memiliki beberapa fungsi yang berbeda, antara lain :
a. Penambahan antara dua angka
b. Pengurangan antara dua angka 
c. Perkalian antara dua angka 
 
Contoh 2 :
Ketika membuat program yang digunakan untuk
mengelola rekening, maka program tersebut memiliki kemampuan untuk mencetak debet atau kredit setelah transaksi, menambahkan saldo ketika ada penyimpanan, menguranginya ketika ada penarikan. Dari definisi kebutuhan tersebut, ada 3 fungsi yang diperlukan pada program tersebut, antara lain :
a. Cetak_Balance

b. Penyimpanan

c. Penarikan
 
Nama Function dan List Parameter
 
      Pada kebanyakan bahasa pemrograman, suatu function memiliki nama dan list parameter. Nama digunakan ketika function dipanggil. List Parameter adalah daftar variabel beserta tipe datanya yang dikirimkan ke function tersebut. 
 
Function Heading
   
      Function heading adalah baris kode yang mendefinisikan kepada compiler tentang informasi seputar function tersebut. Ada 3 bagian function heading :  
1. Return type, yang menyampaikan ke compiler bahwa setelah function selesai dikerjakan akan mengembalikan suatu nilai, misalnya sebuah integer.
2. Adalah nama function.
3. Adalah parameter list, yang mendata variabel dan tipe data apa saja yang perlu dikirimkan ke function tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar